Putra-putri binaan Sanggar Seni Saraswati Gadingrejo Pringsewu sukses menampilkan tarian berjudul Kepui Tenui pada perlombaan Penyaji Tari Tradisional atau Kreasi Tradisi Nusantara di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada Minggu (30/9).

Kabid Kebudayaan Disdikbud Pringsewu, Safril Soleh mewakili Kepala Disdikbud Heri Iswayudi mengatakan Sanggar Seni Saraswati Gadingrejo menampilkan tari berjudul kepui tenui dengan jumlah tujuh penari.
“Alhamduliah kita bisa sukses berjalan lancar tanpa kendala saat tampil dipanggung kehormatan di TMII. Para peserta yang mengikuti lomba ini dari berbagai provinsi lain se-Indonesia,”ucapnya, Rabu (3/10).

Tari yang ditampilkan berjudul Kepik Kenui terinspirasi dari bentuk siger adat sai batin Lampung, yaitu kepakan sayap burung elang yang berbentuk siger likuk pitu atau siger sai batin. Kemudian, diinterpretasikan dalam bentuk gerak Betik jak liak, Betik kekhiloh Kenui bekepik belekuk pitu. Anggun khik tegas sigokh sai batin.

Dijelaskan Safril Saleh, lomba Penyaji Tari Tradisional atau Kreasi Tradisi Nusantara di TMII dalam rangka memperkenalkan budaya di Bumi Jejama Secancanan.
Safril berharap nantinya Pringsewu bisa dikenal seluruh nusantara, dan mancanegara. Menurutnya, setiap tahun Pringsewu selalu promosi kesenian budaya Pringsewu di TMII.

Sumber: Tribunlampung.co.id

About the author

AdminLampunggeh

Leave a Comment