Raden Adjeng Kartini (21 April 1879 – 17 September 1904)

Selamat Hari Kartini

Raden Adjeng Kartini adalah seorang pelopor kebangkitan wanita Indonesia, Kartini lahir pada 21 April 1879 dari keluarga bangsawan Jawa, yang menempatkan pendidikan modern sebagai kunci kemajuan, Kartini tumbuh sebagai warga dunia yang percaya bahwa pendidikan bagi kaum perempuan adalah kunci penting emansipasi manusia.

Gagasan Kartini timbul dari kegemaran membaca roman karangan Hilda van Suylenburg, selain itu ia terinspirasi oleh perjuangan Pandita Rambaii di India dan sehabatnya Estelle Zeehandelaar mengenai emansipasi terhadap wanita pribumi. Raden Ajeng Kartini juga seringkali menulis surat dan akhirnya kumpulan surat tersebut diterbitkan menjadi sebuah buku dengan judul “Habis Gelap Terbitlah Terang.”

Sayangnya usia Kartini pendek saja. Ia meninggal pada usia 25 tahun, tidak lama setelah ia melahirkan seorang bayi lelaki pada 17 September 1904. Segala rencana untuk tulisan mewakili pemikirannya yang matang tidak sempat terwujud.

Meski demikian, cahaya kehidupan Kartini semakin bersinar setelah kematiannya. Setelah terbentuknya negara republik Indonesia yang merdeka, ia hadir sebagai model utama yang memberi inspirasi bagi gerakan perempuan Indonesia. Atas perjuangannya terhadap emansipasi perempuan di Indonesia, Kartini secara resmi ditetapkan menjadi pahlawan nasional pada 1964.

About the author

AdminLampunggeh

Leave a Comment