#LampungGeh – Pesisir Barat, #KabarHelauJakLampung – Provinsi Lampung wajib bangga karena Kabupaten Pesisir Barat menjadi satu-satunya perwakilan dari Lampung, bahkan se-Pulau Sumatera yang akan mengisi pertunjukan seni tradisiona, pada peringatan HUT RI di Istana Negara pada 17 Agustus 2018 mendatang. Perlu diketahui, berbagai kesenian Lampung dari Krui atau kabupaten Pesisir Barat telah dikenal di kancah nasional. Sehingga saat ini berbagai event kebudayaan nasional maupun internasional, Pesisir Barat kerap diundang untuk mengisi acara tersebut.

Pada acara HUT RI tersebut Pesisir Barat akan menampilkan musik tradisional Lampung, nyambai, butabuh, dan macam-macam musik garapan lagu Lampung diriingi alat musik tradisonal Lampung dengan nuansa etnik. Sebanyak 20 orang yang akan diutus ke Jakarta yang diutamakan pelajar SMP dan SMA melalui sanggar seni Teluk Stabas binaan ibu Septi Istiqlal.

“Tahun ini kami tampil di panggung utama jadwalnya satu jam sebelum acara peringatan 17 Agustus dan usai acara kembali tampil. Sedangkan ditahun 2016 lalu kami tampil tetapi hanya di pintu masuk bukan di panggung utama,” kata kabid kebudayaan Nora Elisa mewakili Kepala dinas Pendidikan dan kebudayaan kabupaten Pesisir Barat Hafzi.

Sanggar teluk stabas memang kerap diundang dalam berbagai event seni budaya tingkat nasional dan internasional, hal ini dikarenakan seringnya sanggar tersebut ikut serta dalam kegiatan dan prestasi yang telah ditorehkan. Tahun 2018 ini merupakan kali kedua pemkab Pesisir Barat diundang untuk mengisi acara yang sama. Sebelumnya pada 2016 lalu, perwakilan dari sanggar seni Teluk Stabas telah tampil di acara yang sama.

Sumber : Lampost

Artikel oleh : Bery Decky Saputra

About the author

AdminLampunggeh

Leave a Comment