Foto Mortir Udara yang ditemukan di Bandara Raden INteen II, Lampung Selatan.

Pada hari Minggu kemarin, sebuah mortir udara berukuran panjang 53cm dan berdiameter 32cm ditemukan oleh pekerja galian tanah di lapangan sekitar landasan udara Bandara Radin Inten II Lampung Selatan.

Kepala Humas Bandara Radin Inten II, Wahyu Aria Sakti membenarkan adanya temuan mortir udara peninggalan zaman penjajahan Belanda di sekitar area landasan udara Bandara Radin Inten II. Mortir tersebut ditemukan terkubur sekitar satu meter di dalam tanah dan saat ini telah diamankan oleh Unit Penjinak Bom, Makosat Brimob Polda Lampung.

Penemuan benda berupa mortir udara ini bukan yang pertama kalinya, tapi ini sudah yang kedua kali ditemukan oleh pekerja galian di kawasan Bandara Radin Inten II. Penemuan sebelumnya terjadi pada tahun 2014 saat pekerja yang sedang melakukan pekerjaan penggalian tanah untuk pembanguan landasan parkir pesawat terbang.

Penemuan benda tersebut juga diperkuat denggan lokasi Bandara Raden Inten II  yang sebelumnya merupakan bekas pangkalan tentara Belanda dan Jepang. Kemudian kasawan ini dapat diambil alih oleh TNI yang saat itu berperang melawan penjajah. Setelah Indonesia meredeka, bekas pangkalan militer ini dibangun bandara untuk penerbangan sipil dan diberi nama bandara Raden Inten II hingga sekarang.

 

Penulis : Dwi Surya Ananda

About the author

AdminLampunggeh

Leave a Comment