Tersangka Reza saat diekspose di Polsek Kedaton | Obbie Fernando/Lampunggeh.co.id

Lampunggeh.co.id, Bandar Lampung – Sambil menyelam minum air, mungkin itu pepatah yang tepat untuk pria ini. Dengan bermodus sebagai pencari barang bekas (rongsok), Reza (23) warga Kelurahan Jagabaya 2, Kecamatan Way Halim, Kota Bandar Lampung nekat mencuri dengan mencongkel rumah korbannya.

Kapolsek Kedaton Kompol Abdul Mutolib dalam eksposenya mengatakan, sebelumnya telah menerima laporan terkait tindak pidana pencurian dengan pemberatan (curat) di salah satu perumahan warga.

“Anggota dapat laporan adanya pencurian barang berharga di dalam rumahnya,” kata Mutolib dalam eksposenya, Jumat, 8 Februari 2019 di Mapolsek Kedaton.

Mendapat laporan tersebut, anggota Opsnal Polsek Kedaton langsung melakukan penyelidikan untuk mencari pelaku curat tersebut.

“Akhirnya kita tangkap pelaku ini bernama Reza. Pengakuan tersangka dia mencuri dengan berpura-pura menjadi tukang rongsok. Dia biasa melakukannya pada jam 04.00 WIB subuh,” jelas dia.

Untuk mencari sasarannya, pelaku berkeliling setiap perumahan. Lalu apabila ada rumah yang kosong, pelaku langsung mencongkel cendela rumah dan segera mengambil barang berharga yang ada.

“Dari tangan tersangka, kita amankan barang bukti berupa 1 unit HP merek Xiaomi dan 1 unit TV merek Toshiba 24 inch. Diperkirakan korban mengalami kerugian mencapai Rp3 juta,” ungkapnya.

Berdasarkan pengakuan tersangka, dirinya sudah beberapa kali mencuri di berbagai perumahan yang ada di Bandar Lampung dengan modus mencari rongsok.

“Sudah 6 kali, di daerah Koga 2 kali, di perumahan Villa Citra 4x kali. Ya saya cari rongsok lalu bongkar cendela, karena niatnya memang gitu. Uangnya untuk makan. Barangnya biasa jual ke Taufik rumahnya di deket Jagabaya 2,” kata Reza.(*)

Laporan reporter Lampunggeh Obbie Fernando

About the author

AdminLampunggeh

Leave a Comment