Berangkat dari sebuah kegamangan akan minimnya kontribusi bagi daerahnya serta keinginan yang besar untuk mengabdikan diri kepada masyarakat Lampung, Rizky Kurnia Wijaya dan kesebelas sahabatnya akhirnya melahirkan sebuah komunitas bernama Janis (Jalan Inovasi Sosial) Indonesia tepatnya pada tanggal, 22 Juli 2015 lalu.

JANIS (Jalan Inovasi Sosial) merupakan sebuah komunitas sosial yang aktif bergerak di bidang pengembangan dan penerapan inovasi sederhana namun tepat guna bagi masyarakat di pedesaan dan pulau-pulau terpencil di Lampung.  Dengan menggait slogan Build The Nation with Innovation, JANIS bertujuan meningkatkan rasa kepedulian dan jiwa kreativitas anak muda dengan cara berinovasi. Inovasi yang dilakukan bertujuan untuk mempermudah kehidupan masyarakat yg berada di pulau atau daerah yangg cukup tertinggal. Inovasi yang dimaksud merupakan inovasi sederhana yg bisa diaplikasikan oleh siapa saja tanpa harus menjadi ahli di bidangnya. Selain sederhana dan aplikatif, inovasi tersebut juga diharapkan mampu memiliki nilai tepat guna bagi masyarakat.

Sampai saat ini JANIS sudah melakukan kegitan di beberapa daerah, diantaranya Lampung Selatan, Lampung Timur, Pesawaran, dan Bandar Lampung. Salah satunya mereka pernah melakukan inovasi di sebuah pulau tidak dialiri listrik dengan membuat penerangan sederhana mengunakan botol plastik serta mendonasikan panel surya untuk mushola setempat karena belum ada penerangan. Selain itu, Janis juga telah melakukan inovasi lain seperti membuat eco-brick dari sampah, pembuatan blog pariwisata lengkap dengan peta digital beserta keterangan itinerary-nya.

Janis memiliki anggota sebanyak 112 relawan tetap dengan struktur organisasi dan juga relawan harian yang siap saat akan mengadakan kegiatan. Relawan Janisian berasal dari latar belakang pendidikan yang berbeda yang memiliki semangat untuk memberikan hasil terbaik dari bidang mereka masing-masing.

Bagi Iyay dan Atu yang ingin bergabung Janis rutin mengadakan rekrutmen untuk relawan yang dilakukakan setiap tiga bulan  atau menyesuaikan kebutuhan komunitas.  Calon relawan hanya perlu mengisi formulir online yang diberikan dan menunggu konfirmasi dari Janis untuk melakukan wawancara. Tidak ada persyaratan khusus untuk bisa bergabung. Para calon relawan yg dipilih adalah mereka yg mampu berkomitmen untuk memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat.

Untuk mengetahui informasi terbaru mengenai seluruh kegiatan yang sudah dan akan dilakukan silakan ikuti kami di sosial media Instagram @janisianID mereka dan untuk pertanyaan lebih lanjut silakan menghubungi mereka melalui narahubung berikut ini :

Email: janisindonesia@gmail.com  dan Line: janisian.

 

Penulis : Dwi Surya Ananda

Narasumber : Rizkia Meutia Putri

About the author

AdminLampunggeh

Leave a Comment