KKN (Kuliah Kerja Nyata) adalah suatu program yang harus ditempuh oleh mahasiswa untuk menyelesaikan studinya, program ini berbentuk pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan Tri Darma Perguruan Tinggi yang ketiga yaitu pengabdian. Tahun 2018 ini, Provinsi Lampung cukup beruntung karena menjadi tuan rumah KKN Kebangsaan, yaitu event tahunan yang diikuti mahasiswa Se-Indonesia untuk melakukan pengabdian di satu provinsi/daerah yang terpilih. KKN Kebangsaan tahun 2018 ini akan diikuti sebanyak 642 mahasiswa terbaik yang telah diseleksi dari 55 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia.

Peserta KKN tersebut nantinya akan ditempatkan di berbagai daerah di Lampung, yaitu di Kabupaten Tanggamus, Lampung Timur dan Lampung Barat. Selain bertujuan untuk pengabdian kepada masyarakat, KKN kebangsaan ini juga memiliki misi dalam merajut persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Adapun tema KKN Kebangsaan tahun 2018 ini yaitu “Merajut Kebersamaan dan Kesamaan dalam Kebhinekaan (Piil Pesenggiri)”

Dalam acara pembukaannya yang dihadiri ketua MPR RI Zul Hasan, berharap agar KKN Kebangsaan ini tidak berhenti menjadi formalitas, tapi benar-benar mendekatkan mahasiswa pada realitas kebangsaan dan KKN Kebangsaan ini menjadi langkah awal pengabdian kepada masyarakat sekaligus mendekatkan mahasiswa sebagai bagian tak terpisahkan dari rakyat.

Sumber : Kupastuntas.co

Artikel oleh : M Adita Putra

About the author

AdminLampunggeh

Leave a Comment