Lampung Geh, #SanakLampung – Yay atu, pasti tau dong sama El’s Coffee ? Tempat nongkrong anak muda ini memang udah terkenal di Lampung dan punya banyak cabang yang menyebar di seluruh kota Bandar Lampung. Nah di bahasan #SanakLampung kali ini kita bakal kenalan lebih dekat dengan Founder dan CEO El’s Coffee nih. Penasaran?

Nah perkenalkan yay atu, beliau adalah kak Elkana Arlen Riswan atau biasa disapa kak Elky. Kak Elky sendiri merupakan lulusan Monash University di Melbourne jurusan Marketing. Dalam membangun bisnis, kak Elky benar-benar membangun El’s Coffee dari nol loh yay atu. Awal perjalanan kak Elky dalam membangun El’s Coffee yaitu ketika kak Elky bekerja di sebuah perusahaan eksportir kopi di Lampung. Karena kecintaannnya terhadap kopi dan juga ilmu yang didapatkan selama bekerja di perusahaan kopi tersebut, kak Elky bertekad membangun sebuah kedai kopi yang mengenalkan kopi khas Lampung, khususnya kopi dari Tanggamus, daerah asal kak Elky.

Elkana Arlen Riswan || Source : instagram.com/elky23/

Akhirnya kak Elky meracik sendiri biji kopi dan membungkusnya dalam kemasan dan memasarkannya. Pada tahun 2012, nama El’s Coffee pun berdiri. Nama tersebut diambil dari nama awal kak Elky sendiri. Dan pada tahun 2013, untuk pertama kalinya kak Elky memasarkan kopi racikannya dalam bentuk coffee cup di Chandra Tanjung Karang. Pada saat itu, El’s Coffee masih berbentuk stand kecil yang menjual coffee cup dan biji kopi dalam kemasan. Dalam mencapai kesuksesan, dibutuhkan pengorbanan. Begitu pula kak Elky yay atu.

Perjuangan kak Elky pun tidak mudah. Di awal berdirinya, kak Elky harus meracik, mengemas, dan memasarkan produknya sendirian. Namun berkat kegigihan dan ilmu yang didapatkan selama berkuliah di jurusan marketing, kak Elky terus memasarkan dan mengenalkan produknya kepada masyarakat Lampung. Tak disangka, respon masyarakat Lampung terhadap produk El’s Coffee begitu baik sehingga pada tanggal 14 Maret 2014, berdirilah El’s Coffee House yang berlokasi di jalan Mayor Batu Bara, Teluk Betung, Bandar Lampung. Tak hanya berhenti di El’s Coffee House di teluk saja, saat ini El’s Coffee sudah memiliki 7 cabang yang tersebar di seluruh kota Bandar Lampung, di antaranya di El’s Coffee House, El’s Coffee Mall Boemi Kedaton, El’s Coffee  Lampung Walk, El’s Coffee City Hub Hotel, El’s Coffee Mini Bar, El’s Coffee bandara Raden Inten II dan yang paling terbaru di El’s Coffee Mall Kartini.

El’s Coffee House – Teluk Betung, Bandar Lampung

Tak berhenti hanya di Lampung saja, kak Elky bahkan sudah membuka cabang Els Coffee House di 3 kota besar lainnya, yaitu Padang, Palembang, dan Jakarta. Meskipun sudah memiliki cabang di luar Lampung, dalam tekadnya demi memajukan Lampung terutama di dunia kuliner dan perkopian, kak Elky mengambil kopi dari Lampung dan seluruh pegawainya merupakan anak-anak muda Lampung loh yay atu, termasuk yang berada di cabang luar Lampung. Bahkan produk kak Elky sudah merambah ke dunia internasional karena produk El’s sudah didistribusikan ke negara lainnya seperti Malaysia dan Korea Selatan.

Meskipun sudah tergolong sukses, kak Elky tidak lantas berpuas hati. Melihat potensi anak muda Lampung dalam dunia kreativitas sekaligus mendukung potensi tersebut, dibangunlah sebuah coworking space bernama El’s Creative Hub yang berlokasi di tempat yang sama dengan El’s Coffee House di Teluk Betung. Hal ini merupakan bentuk dukungan kak Elky terhadap potensi anak muda dan diharapkan coworking space ini menjadi tempat yang nyaman untuk anak muda kreatif untuk saling bertemu dan mengembangkan ide-idenya dengan produktif dengan disediakannya segala fasilitas penunjang, seperti wifi, komputer, tempat yang nyaman dan sunyi agar tidak terganggu dengan kebisingan yang biasanya ditimbulkan jika mengerjakan tugas di tempat lain. Selain itu, kak Elky membangun Kopi Ketje yang merupakan ‘anak’ dari Els Coffee. Yang membedakan Kopi Ketje dan El’s Coffee yaitu terletak pada segmennya. Kopi Ketje lebih memfokuskan lingkup atau cakupannya di kalangan anak-anak muda Lampung.

Baca juga : El’s Creative Hub – Co Working Space Pertama di Lampung

Itu dia yay atu #SanakLampung kali ini. Luar biasa yah yay atu prestasi dan kecintaannya terhadap tanah kita tercinta ini. Kalau yay atu penasaran dengan sosok kak Elky, yay atu bisa follow instagramnya @elky23 dan juga @elscoffee @elscreativehub dan @kopiketje .  Tetap stay tune di konten #SanakLampung selanjutnya yah yay atu karena akan ada #SanakLampung menginspirasi lainnya.

======

ditulis oleh Shofia Amirah

About the author

AdminLampunggeh

Leave a Comment