Binhad Nurrohman Saat Membacakan Sajaknya / Flickr

Binhad Nurrohmat lahir di pedalaman Lampung. Ibunya dari Banyuwangi dan ayahnya dari Jember. Ia menimba pengetahuan di Pondok Pesantren Mambaul Huda Lampung, Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta, Akademi Komunikasi Yogyakarta, dan Sekoah Tinggi Filsafat Driyakara Jakarta.

Sejak 1996, ia menulis puisi, esai, dan ragam tulisan lain untuk koran, majalah, dan jurnal. Binhad menulis Puisi dan Esai di buku harian dan media massa sejak belia. Sajak-sajaknya diterjemahkan ke bahasa Inggris oleh Marshall Clark, pengajar dan peneliti sastra Indonesia dari Universitas Deakin Australia.

Pada musim panas, musim gugur, dan musim dingin 2008 Binhad Nurrohmat menjadi visiting writer di Semenanjung Korea. Kemudian pada 2010, ia menggagas dan menggerakkan Jamaah NU Miring guna menghimpun laporan empiris, ulasan analitis tentang kepesantrenan, ke-NU-an, dan minat pribadi yang mendalam.

Ia juga mengelola Kuburan Institute yang bergiat mengamati dan mencatat hal-ihwal kuburan beserta arus tradisinya dan menuangkan pandangan kultural mengenai hal-ihwal ini

Jejak kepenulisan Binhad Nurrohmat dapat dilihat dari karya-karya yang telah diterbitkan yaitu Kuda Ranjang (kumpulan sajak, 2004), Bau Betina (kumpulan sajak, 2007), Sastra Perkelaminan (kumpulan esai, 2007), Demonstran Sexy (kumpulan sajak, 2008), The Bed Horse, Kuda Ranjang (kumpulan sajak yang diterjemahkan oleh Marshall Clark, 2008).

 

Penulis : Dwi Surya Ananda

Referensi : Goodreads dan Wikepedia

 

About the author

AdminLampunggeh

Leave a Comment