Satgas Divpas Kanwil Kemenkumham Lampung saat melakukan tes urine kepasa petugas Lapas Rajabasa, Kamis malam, 7 Februari 2019 | Obbie Fernando/Lampunggeh.co.id

Lampunggeh.co.id, Bandar Lampung – Mengantisipasi peredaran handphone, pungli dan narkoba (halinar), Satuan Petugas Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Satgas Divpas Kanwil Kemenkumham) Lampung melakukan Razia di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IA Rajabasa, Bandar Lampung, Kamis malam, 7 Februari 2019.

Kepala Lapas (Kalapas) Rajabasa Sudjonggo mengatakan, razia ini dilakukan untuk memenuhi amanat dari Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) Sri Puguh Budi Utami untuk mengantisipasi peredaran halinar.

“Ini memenuhi perintah dirjen bahwa seluruh Lapas dan Rutan diharapkan bersih dari halinar. Jadi malam ini kami kedatangan Satgas Kamtib dari Kanwil Lampung untuk melaksanakan razia,” ujarnya saat diwawacarai Lampunggeh.co.id

Pria yang biasa disapa Jonggo ini menambahkan bahwa, pada razia ini dilaksanakan secara menyeluruh dimulai tes urine petugas Lapas hingga para warga binaan.

“Ini seluruhnya diperiksa, baik warga binaan maupun petugas. Petugasnya ada 143 orang itu di tes urine, sekarang juga kita melakukan pemeriksaan ke setiap sel,” ujar dia.

Dirinya menegaskan, apabila anggotanya terbukti menggunakan narkoba ataupun melakukan pungli kepada warga binaan akan diberikan sanksi seberat-beratnya.

“Ini hasilnya belum keluar, kalau petugas kita ada yang kena pasti kita lakukan tindakan tegas. Itu bisa sampai dengan pemecatan,” tegas Sudjonggo.(*)

 

Laporan reporter Lampunggeh Obbie Fernando

About the author

AdminLampunggeh

Leave a Comment